FAQ

Frequently Asked Questions (FAQs)

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN SUMATERA SELATAN

A. Mengenal SMAN Sumatera Selatan

1. Apa itu SMAN Sumatera Selatan?

SMAN Sumatera Selatan adalah sekolah asrama bertaraf internasional yang diperuntukkan bagi warga Sumatera Selatan yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang beruntung secara ekonomi. Sekolah ini diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Putera Sampoerna Foundation (PSF) pada tahun 2009. Awalnya, sekolah ini bernama ‘SMAN Sumatera Selatan (Sampoerna Academy)’ dan akrab di masyarakat dengan nama ‘SMA Sampoerna’.

2. Dimana lokasi SMAN Sumatera Selatan?

SMAN Sumatera Selatan terletak di Jl. Pangeran Ratu RT.11 RW.08 Kel. 8 Ulu, Kec. Seberang Ulu 1, Palembang 30252 atau lebih jelasnya di depan Pasar Buah Jakabaring & dekat dengan Stadion Gelora Sriwijaya.

3. Apa yang dimaksud dengan bantuan pendidikan SMAN Sumatera Selatan?

Bantuan pendidikan SMAN Sumatera Selatan adalah dana yang berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang mencakup biaya pendidikan, akomodasi, biaya makan, buku pelajaran, dan seragam untuk siswa selama 3 tahun menjadi peserta didik di SMAN Sumatera Selatan.

4. Kapan pembukaan & penutupan pendaftaran online dan pengiriman berkas pendaftaran siswa baru SMAN Sumatera Selatan tahun ajaran 2022/2023?

Pendaftaran online siswa baru SMAN Sumatera Selatan 2022 dimulai pada tanggal 25 Januari 2022 – 11 Februari 2022. Pengiriman berkas dilakukan paling lambat tanggal 11 Februari 2022 (cap pos)

B. Tahap Seleksi dan Persyaratan     

1.      Apa saja jenis seleksi yang harus dilalui oleh calon siswa?

Ada 4 jenis seleksi.

1.      Seleksi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kebugaran Jasmani (TKJ)

TPA meliputi soal-soal Matematika, IPA dan Bahasa Inggris dalam bentuk pilihan ganda dengan durasi 120 menit, tes menggunakan Computer Based Test, sementara TKJ meliputi check kondisi kesehatan tubuh dan fisik berupa lari sesuai dengan durasi waktu yang telah di tentukan untuk mengukur kebugaran calon peserta didik. Seleksi ini dilakukan oleh panitia dan akan dilaksanakan di SMAN Sumatera Selatan

2.      Verifikasi Berkas

Verifikasi berkas akan dilakukan oleh panitia dengan melakukan singkronisasi dokumen yang telah diisi pada sistem saat melakukan pendaftaran online dengan dokumen asli yang telah dikirmkan peserta, verifikasi ini bertujuan memastikan validitas data sesuai dengan kriteria ekonomi pra-sejahtera. selanjutnya akan dilakukan scoring dokumen, yaitu pemberian score terhadap prestasi akademik, non akademik, dan kepemimpinan keorganisasian.selanjutnya berdasarkan hasil tes TPA, TKJ, Verifikasi berkas kelayakan ekonomi dan score prestasi/kepemimpinan akan dilakukan pemeringkatan maksimal 200 besar dari seluruh peserta.

3.      Wawancara

Tes wawancara dilakukan kepada peserta yang masuk pemeringkatan 200 besar dengan menggunakan bahasa inggris

4.      Home Visit (survey)

Tahapan ini dilakukan sebagai rangkaian tes untuk melihat kondisi asli di lapangan sesuai tidak dengan data yang dikirim

5.      Pengumuman Lolos Seleksi SMAN Sumatera Selatan

Pengumuman akhir direncanakan di tanggal 25 April 2022* Jadwal bisa berubah sewaktu waktu

 

2.      Bagaimana jika calon siswa tidak memiliki Kartu Indonesia Pintar / Kartu Keluarga Sejahtera / Surat Keterangan Tidak Mampu dari pemerintah desa?

Jika memiliki ke 3 nya, lebih baik. Namun, salah satu saja juga boleh. Misalnya, calon siswa tidak memiliki Kartu Indonesia Pintar, maka calon siswa dapat melengkapinya dengan Surat Keterangan Tidak Mampu dari pemerintah desa / kelurahan setempat dan wajib menyertakan surat jaminan kondisi ekonomi dari lurah/kepala desa setempat yang dapat di unduh di http://ppdb.smansumsel.sch.id/download-file

  

3.      Apakah kemampuan Bahasa Inggris wajib dimiliki oleh calon siswa?

Calon siswa dengan kemampuan Bahasa Inggris lebih disukai. Hal ini ditunjukkan dengan sertifikat kursus Bahasa Inggris, sertifikat lomba Bahasa Inggris atau bentuk dokumen lainnya. Jika calon siswa tidak memiliki salah satu dokumen tersebut, siswa tetap diperbolehkan mendaftar dan bersaing untuk menjadi siswa SMAN Sumatera Selatan.

 

4.      Surat rekomendasi apakah yang diminta?

Surat referensi yang dimaksud adalah 2 surat seperti dijelaskan berikut ini.

a. Surat rekomendasi dapat diunduh di menu “Download File 

b. Surat rekomendasi yang ditulis oleh Kepala SMP/MTs.. Surat tersebut berisi rekomendasi Kepala SMP/MTs. mengapa calon siswa layak menjadi siswa SMAN Sumatera Selatan. Download FIle

c. Surat rekomendasi dari salah satu guru di SMP/MTs. calon siswa. Surat tersbut berisi rekomendasi guru SMP/MTs. mengapa calon siswa layak menjadi siswa SMAN Sumatera Selatan. Download File

 

C. Tahap Pengisian Formulir Online

1.      Akun Pendaftar

·         Bagaimana cara pembuatan akun ?

Pembuatan akun diwajibkan untuk menggunakan email aktif, dikarenakan setelah pembuatan akun, melalui email tersebut akan memperoleh email verifikasi akun untuk mengaktifkan akun. Daftar Akun

·         Bagaimana jika tidak menerima email verifikasi ?

Jika tidak menerima email verifikasi di kotak masuk, cek folder spam

2.      Biodata Diri

·         Photo diri yang diupload ukuran apa ?

Photo yang digunakan ukuran 4 x 6, dan foto terbaru berwarna dengan latar belakang warna merah

3.      Sekolah dan Prestasi

·         Apa yang dimaksud dengan S1,S2,S3,S4,S5 ?

S1,S2,S3,S4,S5 merupakan singkatan dari semester 1, semester 2, dst.

·         Bagaimana jika mengikuti kegiatan organisasi diluar sekolah ?

Informasi mengenai organisasi / ekstrakulikuler yang diminta hanya yang diikuti di dalam sekolah

4.      Info Keluarga

·         Bagaimana jika kedua orang tua bercerai ? Apakah informasi harus tetap dimasukkan ?

Ya, data lengkap kedua orang tua harus dimasukkan

·         Jika orang tua belum punya rumah dan sedang mengontrak rumah, alamat mana yang dicantumkan?

Dalam hal ini, calon siswa diharapkan mencantumkan alamat rumah kontrakkan tersebut.

·         Alamat rumah siapa yang harus ditulis di formulir pendaftaran?

Alamat tempat tinggal yang dicantumkan adalah alamat rumah orang tua/wali satu KK. Walaupun calon siswa tinggal di alamat yang berbeda (rumah nenek, sodara, atau nge-kost), alamat yang dicantumkan tetap alamat orang tua/wali. 

·         Alamat Tempat Tinggal itu alamat apa ?

Dalam hal ini apabila alamat di KTP dan tempat tinggal asli berbeda, jika sama silahkan isikan alamat yang sama dengan pengisian alamat sesuai KTP.

·         Apa yang dimaksud dengan pendapat pokok ?

Pendapatan pokok merupakan pendapat utama dari keluarga setiap bulannya.

·         Bagaimana jika tidak memiliki tunjangan atau penghasilan tambahan ?

Cukup mengisikan “0” pada kolom tersebut

 

5.      Kondisi Ekonomi

·         Bagaimana menentukan harga jual rumah / tempat tinggal?

Harga jual rumah ditulis berdasarakan nilai NJOP yang terdapat di berkas PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

·         Jika calon siswa dan keluarga tinggal di rumah sewa, bagaimana dengan harga jual rumah?

Silakan tulis harga sewa rumah tersebut pertahun atau perbulan pada kolom yang disediakan.

·         Apa yang dimaksud dengan harta bergerak lainnya ?

Misalnya becak, Motor, speed boat

·         Bagaimana jika menggunakan listrik token ?

Masukkan saja berapa pengeluaran pulsa listrik yang digunakan biasanya dalam satu bulan

6.      Kondisi Kesehatan

·         Bagaimana mengisi informasi dokter keluarga ?

Informasi ini diisi sesuai dengan dokter keluarga yang dianjurkan oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan faskes yang dipilih atau bisa diisi dengan dokter keluarga yang biasa menjadi tempat berobat jika ada anggota keluarga yang sakit

·         Apakah harus mengisi keterangan setiap menjawab keterang “YA” ?

Ya, dikarenakan pendaftar harus memberikan keterang sejelas mungkin terkait informasi kesehatan

 

7.      ESSAI

·         Bagaimana cara pengisian esai Bahasa Inggris?

Esai ditulis dalam Bahasa Inggris tidak kurang dari 200 kata yang mencakup 3 poin yang diminta, yaitu:

a. Mendeskripsikan diri anda (calon siswa) dan keluarga

b. Mengapa anda pantas menjadi siswa SMAN Sumatera Selatan

c. Kepemimpinan anda dimasa depan

8.      Upload File

·         Dokumen apa saja yang diupload ?

Dokumen yag diupload pada menu upload adalah : KK, KTP Orang Tua (Ayah dan Ibu), Surat Keterangan Tidak Mampu, Surat jaminan kondisi ekonomi dari lurah/kades, Surat Rekomendasi Kepala Sekolah, Surat Rekomendasi Wali Kelas.

·         Apa format file yang diupload ?

Format file yang diupload adalah JPG/JPEG

·         Apakah dokumen pendukung harus di-scan?

Dokumen pendukung dapat difoto menggunakan ponsel asalkan jelas.

  

9.      Lain-Lain

·         Apakah data saya hilang jika saya log out?

Bagian pengisian data diri terdiri dari 7 tahap. Kalian bisa log out setelah mengisi salah satu tahapnya dan login kembali untuk melanjutkan.


Apakah denah lokasi rumah boleh di ketik/digambar menggunakan komputer atau menggunakan google map ?

Boleh, yang penting tetap di tulis didalam template yang di sediakan panitia yang ada nomor form nya


Kalau tidak memiliki rekening listrik/listriknya nyambung dengan orang lain?

silahkan diganti dengan surat keterangan dari RT yang menerangkan bahwa tidak memiliki rekening listrik dan listrik nyambung dengan orang lain


Bagaimana Jika tidak memiliki PBB?
silahkan diganti dengan surat keterangan dari RT yang menerangkan bahwa tidak memiliki PBB


Bagaimana Jika Rumah menyewa ?

Lampirkan saja Surat/bukti kwitansi sewa rumah


Berapa ukuran foto rumah, boleh tidak di print di kertas biasa/HVS/A4 ?

ukurannya minimal 3R, labih baik menggunakan kertas foto, jika mau langsung di print di kertas boleh asal hasil printnya bagus, tidak putus-putus dan tidak bergaris-garis.


D. Pengiriman Berkas

1.      Setelah pendaftaran online, berkas apa saja yang menjadi dokumen pendukung ?

Berkas pendukung akan terdapat dalam resume pendaftaran online yang akan diperoleh setelah selesai melakukan pendaftaran.

2.      Ukuran berapa untuk cetak foto rumah yang akan dikirim melalui pos ?

Foto yang dicetak adalah ukuran 3R atau Postcard

3.      Apakah dokumen pendukung dikirim lewat pos?

Ya, pengiriman berkas dilakukan melalui pos dan bisa diantar langsung bagi yang berada di kota Palembang.

Alamat pengiriman berkas:

Kpd. Yth. Komite Seleksi Bantuan Pendidikan

SMAN Sumatera Selatan

Jl. Pangeran Ratu RT.11 RW.08 Kel. 8 Ulu, Kec. Seberang Ulu 1 Palembang 30252